Selasa, 14 Februari 2017

Contoh Pidato tentang Ilmu bagi Pemula

بسم الله, الحمد لله ,والصلاة والسلام  على رسول الله , محمد ابن عبد الله , وعلى أله وصحبه ومن تبعهم  بإحسان إلى يوم القيامه.
اشهد ان لا اله إلا الله وحده لا سريك له, وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله , لا نبي ولا رسول بعده  
(أما بعد )
Hadirin Rahimakumullah
Generasi muda adalah generasi yang penuh semangat,memiliki cita-cita dan tanggung jawab, generasi masa depan adalah generasi muda yang menguasai Imtaq dan Iptek, Generasi yang menguasai ilmu pengetahuan yang didasari Taqwa dan Iman, menjadi generasi yang tinggi martabat dan drajatnya disisi allah SWT sebagaimana Firman-Nya dalam Surat Al-Mujadalah Ayat 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖوَإِذَاقِيلَ انْشُزُوافَانْشُزُوا يَرْفَعِ  الله الذِيْنَ امَنُوا مِنـْكُمْ وَالّذِيْنَ اُوتُو الْعِلْمَ دَرَجَـتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْـمَلُـوْنَ خَـبِيْـر

Artinya :
"Wahai orang-orang yang beriman!Apabila dikatakan kepadamu,"Berilah kelapangan didalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan  memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah  kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat".

Pribahasa mengatakan dengan Iman hidup akan terarah, dengan Taqwa hidup selalu barakah, dengan seni hidup akan menjadi indah, dan dengan ilmu hidup akan jadi mudah
Pantaslah...

Rasulullah Saw telah bersabda:

مَنْ اَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَ مَنْ اَرَادَ اْلآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَ مَنْ اَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

"Barang siapa yang ingin kesuksesan di dunia maka harus dengan ilmunya,barang siapa yang menghendaki kebahagian di akhirat maka harus dengan ilmunya, dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan keduanya maka ilmu pulalah jawabannya.”
Teringat suatu kisah bagaimana nabi sulaiman AS yang di berikan beberapa pilihan oleh Allah antara ilmu,harta,dan tahta dengan mantapnya nabi sulaiman memilih ilmu yang menjadi pilihannya,  tapi apa yang terjadi ! panggung sejarah  membuktikan nabi sulaiman adalah orang terkaya pada zamannya, seorang raja yang mashur dan ternama, yang balad tentaranya bukan hanya dari golongan manusia melainkan jin dan angin turut ikut bersamanya.satu lagi wanita yang merupakan seorang ratu saba juga ikut mendampinginya.
Ini merupakan contoh kecil dari keutamaan ilmu, dengan ilmu harta dan tahta bisa dicari tapi punya harta tanpa ilmu apalah arti hidup ini, harta akan habis,tahta akan terkikis yang ada hanyalah penyesalan dan tangisan.
Oleh karena itu yuk saya mengajak kepada rekan-rekan sekalian untuk senantiasa memanfaatkan waktu kita dimasa muda, karna masa kita di dunia akan sirna, hari demi hari akan berganti, waktu demi waktu akan berlalu. Mari kita isi kesibukan ini dengan ilmu dunia dan ukhrowi agar penyesalan tidak akan pernah kita alami. (insyaAllah)
Allah SWT Berfirman :
(Q:S al-ashr 1-5)
Hadirin rahimakumullah
Allah telah bersumpah dengan waktu, yang menandakan waktu itu amat penting bagi kita sehingga kita termasuk orang yang rugi bila tidak menggunakan waktu kita sekarang ini dengan beramal sholeh dan mengerjakan amar ma’ruf nahyi mungkar dan menasehati akan rasa sabar. Namun semua itu tidak akan pernah bisa kita kerjakan tanpa di dasari oleh ilmu dan pelajaran, bahkan amal akan sia-sia tidak pernah nyata adanya.
Dikisahkan ketika baginda nabi datang kepada suatu mesjid dan ketika itu pula baginda nabi bertemu dengan syaithan yang sedang nongkrong di depan pintu. Nabi bertanya :

ياابليس ماتصنع هنا ؟
"hei iblis ngapain ente di disini ?”
Sebetulnya syaithan ga berani ketemu nabi cuman udah kadong basah, akhirnya iblis menjawab :

ارد ان ادخل المسجد وافسد صلاة هذا المصلى ولكن اخاف من هذا الرجل النائم
“Pengen deh saya masuk mesjid dan gangguin tuh orang sholat, tapi apalah daya saya takut sama laki-laki yang sedang tidur itu”
Baginda nabi heran !

ياابليس لم لم تخف من المصلى وهوفي العبادة والمناجاة مع ربه ولكن تخاف من النائم وهوفى الغفلة
“Hei iblis tumben ente bloon, kenapa kamu tidak takut kepada orang yang sholat padahal ia tengah beribadah dan munajat kepada Allah SWT, tetapi kamu malah takut kepada orang yang tengah tertidur pulas padahal ia sedang dalam keadaan lupa kepada Allah”

المصلى جاهل وافساده اسهل
“Orang yang sedang sholat itu Muhammad adalah orang bodoh ngapain aku takut , wong ga di ganggu saja udah rusak ko”

ولكن النا ئم عالم
“Tapi Muhammad, orang yang sedang tidur itu adalah seorang yang berilmu. aku takut ketika aku ganggu sholatnya orang yang bodoh ini, si ‘alim bangun dan malah  membetulkan sholatnya si bodoh.”
Maka dari itulah baginda nabi Muhammad bersabda :

نوم العالم خير من عبادة الجاهل
“Tidurnya orang ‘alim itu lebih baik dari pada orang beribadah tapi bodoh”

Kenapa ? karena tidur akan bernilai ibadah jika kita tau akan ilmunya, sebelum tidur kita berwudhu,sebelum tidur kita membaca do’a (baca doa tidur), tapi orang yang tidak mempunyai ilmu jangankan tidur, ibadah saja tidak akan di terima. (betul)
Hadirin yang berbahagia

Hanya sedikit yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan yang sedikit itu menjadikan suatu manfaat khususnya bagi saya yang berbicara dan umumnya bagi kita semua yang mendengarkan.

Malam pertama mandi di kali *   Badannya basah sampai ke pipi
Salam pertama saya mulai *   Salam kedua saya akhiri
Tiada istri ku sendirian         *   Berharap kamulah sang pujaan
Terimakasih atas perhatian *   Mohon maaf atas segala kesalahan


والعفو منكم. والله الموافق إلى أقوام الطريق.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Think » idea » try » again » and again » keep on doing » tawakkal

Share:
Lokasi: Jl. Cikiray RT 03/ RW 06, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16156, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar